Jalan-Jalan ke Pantai Ketawang Indah, Purworejo




Hallo gays, jumpa lagi nih sama Rohmah, gimana kabar kalian??? Semoga selalu  dalam keadaan sehat ya.  Rasanya udah lama banget aku nganggurin ni blog. Ya harap dimaklumi kemarin Rohmah abis KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama 45 hari dan habis tu lanjut kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) selama 40 hari, jadi blom sempet nulis di blog lagi.

Okeh langsung aja ke cerita Rohmah ya. Kali ini aku mau nyeritain pengalaman aku ke Pantai Ketawang Indah yang berada di Desa Ketawang, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Awalnya sih niat aku bukan mau ke Pantai Ketawang Indah, tapi ke Pantai Rowo yang ada di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, tapi malah kesasar nyampe ke Pantai Ketawang Indah. Jadi ceritanya gini. Selasa tanggal 28 Desember 2015 kemarin aku dan kakakku berniat jalan-jalan mumpung lagi liburan di rumah. Kakakku tanya enaknya kemana nih?. Aku mikir sejenak, tempat yang bagus, ga begitu jauh, dan rada ekonomis, apa ya???. Ahaaa akhirnya muncul satu jawaban di kepalaku. “Pantai”. Yups itu tempat paling pas sesuai dengan persyaratan tadi. Pantai lumayan juga kata kakakku. Tapi mau ke pantai mana?? Pantai Ambal, Pantai Bocor, Petanahan, Pantai Suwuk, ato pantai mana??.  Rohmah mikir lagi,pantai mana ya??. Maklum, di sekitar tempat tinggal Rohmah emang banyak Pantai, pesisir selatan gitulohh hehe. Aku mikir mengulangi lagi sederetan pantai yang tadi disebutin sama kakakku. Kayaknya udah pernah didatengin semua deh, cari yang lain aja lah yang belum pernah, biar tambah pengalaman juga. Aku mikir lagi. Akhirnya Rohmah kepikiran satu pantai yang pengin banget Rohmah datengin dari dulu dan sampai sekarang belum keturutan, pantai itu namanya Pantai Rowo yang ada di Kecamatan Mirit. Akhirnya kita sepakat untuk main ke Pantai itu. Meskipun belum pernah ke sana dan ga tau jalannya, tapi kita yakin aja nanti pasti nyampe kok. Berbekal sedikit ingatanku tentang jalan menuju pantai Rawa tersebut akhirnya kita berangkat. Kita bersepeda motor berdua menelusuri Jl. Daendeles dari arah Ambal ke timur ke arah Mirit. Ketika sudah sampai di wilayah Mirit, yang kucari adalah perempatan agak besar yang dulu pernah kulihat yang merupakan jalan menuju Pantai Rawa. Lama kami menyusuri Jl. Daendeles tersebut tapi perempatan yang kumaksud belum juga kutemukan. Mungkin masih lurus terus, begitu pikirku. Sekitar 45 menit kami menyusuri jalan itu sampai pada akhirnya kita melewati Jembatan besi yang panjang. Aku mulai ragu, perasaan dulu perempatan yang untuk menuju Pantai Rawa ngga melewati jembatan deh. Kayaknya kita dah kejauhan deh yu, kataku pada kakakku. Dan bener aja, kita melihat toko di pinggir jalan dengan alamat PURWOREJO!!!!.

Wahhh gila, kita kejauhan broo. yang bener ja ni?? Terus kita mau kemana?? Masa balik lagi???. Akhirnya kita memutuskan tuk lanjut aja dan mencari jalan ke arah selatan yang menuju Pantai, entah pantai apa yang penting pantai. Masa udah jauh-jauh ngga jadi ke pantai. Dan kita akhirnya ngelanjutin perjalanan menyusuri jalan ke arah timur. Sampai akhirnya kita menemukan jalan kecil ke arah selatan dengan papan penunjuk arah bertuliskan “Pantai Ketawang Indah”. Akhirnya kita masuk ke jalan tersebut dan terus ke selatan untuk mencapai ujung dari jalan tersebut. Jalan yang kita lewati lumayan sepi, cuma satu dua anak muda yang berlalu lalang, mungkin habis dari pantai juga. Kanan kiri jalan dipenuhi dengan perkebunan tebu dan juga hutan-hutan yang lebat sehingga jalan yang kecil itu terlihat semakin sepi dan sedikit gelap. Setelah melewati jalan sepi itu, kita disambut dengan hamparan sawah yang hijau sebelum mencapai Pantainya. Akhirnya kita sampai juga ke Pantai Ketawang Indah. Suasana di pantai itu tidak begitu ramai, cuma terlihat beberapa pasangan muda mudi yang sedang menikmati sejuknya suasana pantai di bawah rindangnya pohon cemara. Kalau diperhatikan, pantai ini tak begitu jauh berbeda dengan pantai-pantai lain di pesisir selatan. Pantai ini dihiasi dengan gunungan pasir di sisi sebelah utara pantai dan juga pohon-pohon cemara yang tumbuh di gunungan pasir tersebut. namun ada beberapa hal menarik yang tidak ditemui di pantai-pantai lain, yaitu di pantai ini terdapat banyak kolam-kolam seperti kolam ikan atau kolam apa ntah, karena aku ngga sempet liat-liat tuh kolam. Selain kolam-kolam,  di pantai ini juga terdapat sebuah menara yang menjulang tinggi di sebelah utara pantai. Namanya Menara Suar Ketawang. Menara ini terdiri dari 8 lantai. Dengan membayar Rp 5.000 berdua, kita akhirnya bisa masuk dan naik ke menara sampai ke puncak menara dengan menaiki tangga manual. Dari puncak menara ini, kita bisa memandang birunya laut dan hijaunya hutan-hutan di sekitar pantai dengan sangat leluasa. semilir angin yang berhembus ditambah dengan indahnya pemandangan dari atas menara membuat kita betah berlama-lama di sana. setelah puas menikmati keindahan ini, akhirnya kita turun dan pulang. sebelum pulang kita tak lupa mengabadikan segala moment di Pantai Ketawang Indah ini. meskipun pantai ini bukanlah tempat yang kita tuju, tapi kita sama sekali tak menyesali itu. karena dengan begitu kita bisa naik menara dan menikmati pemandangan dari atas sana.


Berikut ini foto-foto yang kita ambil di Pantai Ketawang Indah:


ini foto-foto ketika naik menara

  



 



0 Response to "Jalan-Jalan ke Pantai Ketawang Indah, Purworejo"

Post a Comment